Tempat wisata di solo

By | January 26, 2020

10 Tempat Wisata Di Solo Yang Menarik Dan Populer Solo cukup popular dengan penduduknya yang ramah dan kalem, tempat  wisata kuliner yang membuat tergoda, tempat-tempat melancong unik, dan surga belanja yang murah meriah. Pasar Klewer contohnya. Adalah salah satu simbol kota Solo yang tersohor di kalangan pelancong. Tak hanya populer dengan batiknya, Pasar Klewer juga menjadi rujukan bagi wisatawan dari berbagai daerah di Jawa, seperti Bandung, Surabaya, atau Pekalongan untuk berbelanja dalam jumlah besar. Berikut ini akan kami bahas dan rangkum 10 tempat wisata di solo yang menarik dan populer  yaitu

  1. Tempat Wisata Agrowisata Sondokoro

Tempat Wisata Agrowisata Sondokoro ini berjarak sekitar 5 km dari kota Solo, tepatnya di Jalan Mangkunegara, Bojonegoro, Ngijo, Tasikmadu, Surakarta, Jawa Tengah. Pada awalnya area ini ialah sebuah pabrik gula, tetapi  kemudian disulap menjadi sebuah tempat wisata. Suasana alam yang masih asri disertai pohonan rindang tentu jadi magnet tersendiri bagi wisatawan.

Di tempat ini  kamu bisa menikmati berbagai fasilitas yang seperti kolam renang dengan berbagai ukuran, spot untuk terapi ikan, pijat refleksi dan juga flying fox. Yang tidak kalah unik di tempat ini juga terdapat monumen lokomotif, yang bisa kamu jadikan background foto dan di posting di sosial media.  Tempat wisata Sondokoro buka setiap jam 08.00-17.00 WIB.

  1. Tempat Wisata Pura Mangkunegaran

Tempat Wisata Pura Mangkunegaran berlokasi di Jalan Ronggowarsito, Keprabon, Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah.Tempat wisata sejarah ini dibangun pada 1757 oleh KGPAA Mangkunegara II. Dengan mengkombinasikan gaya tradisional Jawa dan sentuhan arsitektur Eropa menghasilkan sebuah bangunan yang elegan. Tak hanya bisa menikmati keindahan arsitektur bangunan, kamu juga bisa menyaksikan berbagai koleksi benda seni dan bersejarah di sini.

  1. Tempat Wisata Kampung Batik Kauman

Tempat Wisata Kampung Batik Kauman terletak di desa Kauman, Pasar Kliwon, Surakarta, Jawa Tengah. Sama seperti Trusmi di Cirebon Jawa Barat, di sepanjang jalan ini kamu akan menjumpai banyak showroom batik dan rumah-rumah yang memproduksi batik. Dulunya kampung ini hanya digunakan sebagai tempat untuk pembuatan kain batik bagi keluarga keraton saja loh. Tak hanya kampung batik Kauman ada juga kampung batik Laweyan yang terletak di Jalan Dr. Radjiman No 521, Laweyan, Surakarta. Apabila  batik Laweyan didominasi dengan warna-warna terang, batik Kauman cenderung menggunakan warna gelap dalam hasil batiknya. Oh ya hasil produksi batik di kampung Kauman juga sudah banyak yang dijual ke luar negeri juga ternyata.

  1. Tempat Wisata Museum Batik Danar Hadi

Tempat Wisata Museum Batik ini berada di Jalan Brigjend Slamet Riyadi, Sriwedari No. 261, Laweyan, Surakarta, jawa Tengah. Di Tempat Wisata Museum Batik Danar Hadi ini menampilkan aneka macam koleksi batik dalam berbagai corak, dari seluruh nusantara. Baik berupa corak batik klasik hingga kontemporer. Di tempat ini kamu juga bisa menyaksikan bagaimana proses membatik secara langsung.

  1. Tempat Wisata Ngarsopuro Night Market

Tempat Wisata malam yang satu ini terletak di Jalan Diponegoro, Keprabon, Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah. Jam operasional setiap Sabtu pukul 16.00-23.00 WIB. Di tempat wisata satu ini kamu akan merasakan sensasi liburan seru di malam hari yang tak terlupakan. Tak hanya menyaapabila n wisata belanja, tempat ini juga sangat direkomendasikan untuk menjelajahi wisata kuliner khas Solo. Untuk konsep dari pasar malam yang begitu kental dengan penataan yang rapi dan teratur membuat lokasi wisata malam ini disebut-sebut menyerupai Orchied Road di Singapura. Coba saja ke sana.

  1. Tempat Wisata Pandawa Water World Solo Baru

Tempat Wisata Taman rekreasi air ini terletak di Kompleks Pandawa Solo Baru, Sukoharjo, Jawa Tengah. Tempat wisata ini telah diresmikan sejak tahun 2007. Menariknya tempat wisata rekreasi ini dibuat dengan konsep cerita pewayangan, dimana pada beberapa sudutnya terdapat patung-patung. Patung berukuran besar menggambarkan tokoh-tokoh yang ada dalam dunia pewayangan.  Misalnya Arjuna, Nakula, Sadewa, Drupadi dan tokoh lainnya. Indonesia sekali, ya. Tempat wisata yang berada di antara Solo dan Wonogiri ini menyediakan 27 wahana permainan seru yang akan memuaskan liburan kamu. Diantaranya ada wave pool, warm spa, sight tower, slides, areated spa, fantastic dan wahana permainan lainnya.  Tempat Wisata ini buka setiap pukul 08.00-18.00 WIB.

  1. Tempat Wisata Museum Manusia Purba Sangiran

Tak hanya sebagai tempat wisata, museum ini dimanfaatkan sebagai pusat penelitian tentang kehidupan pra sejarah. Tidak heran apabila  museum ini banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun luar. Mereka datang karena tertarik dan ingin lebih mengetahui kehidupan zaman pra sejarah secara langsung. Ada banyak koleksi yang dipamerkan di museum ini. Mulai dari fosil manusia purba hingga fosil binatang purba yang cukup beragam. Selain itu, berbagai macam  fasilitas yang tersedia di museum ini juga cukup memadai. Misalnya ruang pameran, ruang audio visual, gardu pandang Sangiran, dan juga beberapa kios souvenir yang menjual pernak pernik replika manusia purba. Ini judulnya rekreasi sambil belajar. Lokasi: Kalijambe, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

  1. Tempat Wisata Monumen Pers Nasional

Menjelajahi wisata Solo akan semakin sempurna apabila  kamu menyempatkan untuk mengunjungi Monumen Pers Nasional. Tempat Wisata Monumen Pers Nasional ini dibangun sekitar tahun 1918 dan dikenal dengan nama “Societeit Sasana Soeka”. Di tahun 1978 museum sudah resmi dibuka dan dilengkapi beberapa bangunan. Museum ini pertama kali difungsikan sebagai tempat pertemuan bagi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

Ada cukup banyak koleksi menarik yang bisa kamu dapatkan di museum ini. Mulai dari koleksi koran dan majalah, mesin ketik kuno, hingga kamera dan lainnya. Untuk menggiatkan kembali aktivitas di museum, pihak pengelola secara rutin menyelenggarakan seminar tentang pers, media dan komunikasi termasuk kompetisi fotografi yang cukup diminati oleh masyarakat. Kamu tertarik untuk mengetahui sejarah pers kita? Wajib datang ke sini. Lokasi: Jl. Gajah Mada No. 59, Surakarta, Jawa Tengah.

  1. Tempat Wisata Tugu Lilin

Tugu yang cukup  ikonik ini dibangun pada tahun 1933 dan bertepatan dengan peringatan ke 25 tahun hari Kebangkitan Nasional. Alasan itu jugalah mengapa Tugu Lilin juga dikenal dengan nama Tugu Kebangkitan Nasional. Api lilin yang tergambar pada tugu ini pun mempunyai  makna filosofi yang cukup mendalam. Yakni sebagai simbol perjuangan yang tidak akan pernah padam. Tak hanya menyimpan sejarah yang sangat berarti, keberadaan Tugu Lilin juga bisa jadi spot foto yang keren loh. Lokasi: Pertemuan 3 jalan yaitu Jalan Joko Tingkir, Jalan Dr. Radjiman dan Jalan Slamet Riyadi Makamhaji, perbatasan antara Solo dan Kartasura.

10.Tempat Wisata Monumen 45 Banjarsari

Tempat Wisata Monumen 45 dibangun untuk mengenang peristiwa bersejarah di Solo, yaitu Serangan Empat Hari pada tanggal 7-10 Agustus 1949. Sebagai ikon publik, taman Monumen 45 Banjarsari atau biasa juga disebut taman Monjari dilengkapi dengan jalur pedestrian, air mancur, taman bermain dan juga hutan kota. Taman ini bisa menjadi destinasi wisata edukasi sekaligus rekreasi keluarga yang ekonomis juga bermanfaat. Lokasi: Banjarsari, Solo Kota.